cover
Contact Name
Mohammad Syahidul Haq
Contact Email
mohammadhaq@unesa.ac.id
Phone
+6285649799995
Journal Mail Official
dinamikamp@unesa.ac.id
Editorial Address
Jl. Fip Unesa Lidah Wetan
Location
Kota surabaya,
Jawa timur
INDONESIA
Jurnal Dinamika Manajemen Pendidikan (JDMP)
ISSN : -     EISSN : 25407880     DOI : 10.2674/jdmp.v4n1.p1-10
Core Subject : Education,
Jurnal Dinamika Manajemen Pendidikan (JDMP) publishes articles of theoretical or practical interest to those engaged in Educational Management and Educational Organization.
Arjuna Subject : Umum - Umum
Articles 16 Documents
Search results for , issue "Vol 2, No 1 (2017): Volume 2, Nomor 1, September 2017" : 16 Documents clear
Pengembangan Buku Panduan Monitoring Penanaman Karakter di Pesantren Progresif Bumi Shalawat Sidoarjo Adawiyah, Robiatul
Jurnal Dinamika Manajemen Pendidikan Vol 2, No 1 (2017): Volume 2, Nomor 1, September 2017
Publisher : Universitas Negeri Surabaya

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.2674/jdmp.v2n1.p20-28

Abstract

Penelitian pengembangan ini menghasilkan buku panduan monitoring penanaman karakter di pesantren progresif bumi shalawat sidoarjo. Tujuan buku panduan ini sebagai panduan bagi guru dan murobbi/murobbiah dalam memonitoring karakter santri.Buku panduan dikembangkan dengan teori Thiagrajan (1974) dengan melalui 4 tahap four-D yaitu (1) Define (pendefinisian) (2) Design (perancangan), (3) Develop (pengembangan), dan (4) Deseminate (penyebaran).Produk divalidasi oleh ahli bidang MSDM, bidang kepesantrenan serta validasi bidang Bahasa. Pada validasi putaran 1, difokuskan kepada isi dan tulisan buku sehingga validasi didasarkan pada masukan ahli (validasi secara deskriptif). Validasi pada putaran 2 difokuskan pada tingkat kemanfaatan, sistematika, tingkat kejelasan, tingkat keterbacaan, dan aspek kelayakan, petunjuk pemanfaatan buku, kerangka isi buku, uraian isi buku, tingkat ketepatan, dan tingkat kemutakhiran, tingkat kebakuan bahasa buku, dan aspek kebahasaan buku. Kelima ahli memberikan ketegori sangat tinggi untuk tingkat kemnfaatan, tingkat kejelasan, petunjuk pemanfaatan, uraian isi, tingkat ketepatan, tingkat kemutakhiran, dan aspek kebahasaan, kategori tinggi untuk sistematika, tingkat keterbacaan, kerangka isi, dan kebakuan Bahasa, serta kategori cukup untuk aspek kelayakan. Keywords: Buku Panduan, Monitoring, Penanaman Karakter, Santri, Pesantren.
Iplementasi Kebijakan Kartu Indonesia Pintar Dalam Upaya Pemerataan Pendidikan di SD Negeri Badal II Tahun Ajaran 2016/2017 Budiarti, Desi Putri
Jurnal Dinamika Manajemen Pendidikan Vol 2, No 1 (2017): Volume 2, Nomor 1, September 2017
Publisher : Universitas Negeri Surabaya

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.2674/jdmp.v2n1.p1-7

Abstract

Salah satu masalah yang paling penting untuk segera diselesaikan di Indonesia adalah masalah pendidikan, khususnya pada masalah pemerataan penddikan di Indonesia itu sendiri. Dengan demikian, upaya pemerintah dalam melakukan pemerataan pendidikan di Indonesia salah satunya adalah melalui kebijakan kartu Indonesia pintar. Penelitian ini bertujuan untuk meneliti implementasi kebijakan kartu Indonesia pintar dalam upaya pemerataan pendidikan. Pendekatan penelitian yang digunakan adalah kualitatif dengan jenis studi kasus. Objek penelitian ini adalah SD Negeri Badal II Badal-Ngadiluwih. Teknik pengumpulan data dalam penelitian ini menggunakan observasi, wawancara, dan dokumentasi. Dalam wawancara peneliti melibatkan kepala sekolah, seorang guru pengurus kebijakan kartu Indonesia pintar, peserta didik penerima kartu Indonesia pintar serta orang tua peserta didik penerima kartu Indonesia pintar.Teknik analisis data dalam penelitian ini menggunakan model interaktif Miles dan Huberman, yaitukondensasi data, penyajian data, penarikan kesimpulan. Keabsahan data menggunakanuji kredibilitas (melalui triangulasi sumber dan teknik), uji transferability (melalui penyusunan hasil penelitian secara rinci, jelas, sistematis dan dapat dipercaya), uji dependability (melalui audit keseluruhan proses penelitian), dan uji confirmability (melalui publikasi hasil peneltian). Hasil dari penelitian menunjukkan implementasi kebijakan kartu Indonesia pintar melalui buku pedoman pelaksanaan kartu Indonesia pintar, maka dapat di ukur melalui lima aspek, yaitu sasaran, besaran dana, pemanfaatan dana, mekanisme pengambilan dana KIP serta tugas dan tanggung jawab sekolah. Adapun implementasi kebijakan kartu Indonesia pintar dalam upaya pemerataan pendidikan, maka dapat dilihat dari dua aspek penting dalam pemerataan pendidikan, yaitu equality dan equity. Selain itu, sosialisasi dari kebijakan kartu Indonesia pintar
Keterampilan Manajerial Kepala Sekolah Dalam Implementasi Pendidikan Karakter di SD Al-Azhar Kelapa Gading Surabaya Robby, Dimas Kurnia
Jurnal Dinamika Manajemen Pendidikan Vol 2, No 1 (2017): Volume 2, Nomor 1, September 2017
Publisher : Universitas Negeri Surabaya

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.2674/jdmp.v2n1.p50-59

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan peran keterampilan manajerial kepala sekolah SD Al-Azhar Kelapa Gading Surabaya dalam mengelola program pendidikan karakter yang menjadi andalan di lingkungan Yayasan Al-Azhar Kelapa Gading. Fokus keterampilan manajerial dalam penelitian ini adalah keterampilan konseptual, keterampilan teknis dan keterampilan hubungan manusia. Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif deskriptif dengan desain penelitian studi kasus, teknik pengumpulan data dengan menggunakan observasi, wawancara dan dokumentasi dengan narasumber kepala sekolah, guru pimpinan yayasan dan orang tua siswa. Hasil penelitian menunjukan bahwa peran keterampilan konseptual kepala sekolah ditunjukan dalam kemampuan kepala sekolah yang mampu membagi peran baik sebagai pimpinan yayasan maupun sebagai kepala sekolah dan membagi konsep program pendidikan karakter sesuai jenjang pendidikan di yayasan Al-Azhar, lalu kepala sekolah memiliki kemampuan untuk memandang ke depan tentang bagaimana manfaat dan hambatan program pendidikan karakter. Dalam peran keterampilan teknis kepala sekolah menunjukan bahwa kepala sekolah SD Al-Azhar Kelapa Gading Surabaya terampil dalam memanfaatkan teknologi, sarana dan prasarana serta memberikan kesempatan pertemuan dengan tenaga pendidik dan tenaga kependidikan seminggu sekali. Selain itu, kepala sekolah SD Al-Azhar Kelapa Gading Surabaya juga tidak segan untuk turun ke lapangan untuk memberikan contoh perilaku baik. Dalam keterampilan hubungan manusia kepala sekolah SD Al-Azhar Kelapa Gading Surabaya terermin dalam cara bergaul dan berkomunikasi kepada tenaga pendidik maupun tenaga kependidikan, selain itu kepala sekolah juga terampil dalam memberikan motivasi yang menggugah semangat agar tidak lelah memberikan penanaman karakter pada peserta didik.
Front Matter (Cover, Editorial Board, Table of Content) rifqi, ainur
Jurnal Dinamika Manajemen Pendidikan Vol 2, No 1 (2017): Volume 2, Nomor 1, September 2017
Publisher : Universitas Negeri Surabaya

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.2674/jdmp.v2n1.p%p

Abstract

Pengembangan Buku Pedoman Manajemen Tamwork Dalam Upaya Peningkatan Mutu di MTs. At-Thaririyah Pangpajung Modung Bangkalan Albarada, Abdul Jalil
Jurnal Dinamika Manajemen Pendidikan Vol 2, No 1 (2017): Volume 2, Nomor 1, September 2017
Publisher : Universitas Negeri Surabaya

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.2674/jdmp.v2n1.p29-37

Abstract

Mutu telah menjadi concern untama dalam setiap perbincangan tentang produk atau layanan, sehingga pengelolaannya menjadi fokus penting untuk diimplementasikan pada hampir semua organisasi termasuk sekolah atau lembaga pendidikan. Banyak sekali hal yang mempengaruhi mutu sekolah di antaranya adalah adanya kerja sama tim dalam mencapai tujuan sebagaimana tercantum dalam visi, misi, dan program sekolah. Oleh sebab itu, perlu adanya buku panduan yang mendeskripsikan tentang fungsi dan tugas teamwork tersebut sehingga efektivitas kinerjanya lebih baik.Penelitian ini merupakan research and development (R&D). Adapun model pengembangan Buku Pedoman manajemen teamwork MTs. At-Tahririyah Pangpajung Modung yang digunakan adalah 4-D yang dikemukakan oleh Thiagarajan yang telah dimodifikasi menjadi 3-D yaitu define (mendefinisikan), design (merancang) dan develop (mengembangkan). Teknik pengumpulan data menggunakan metode observasi, dokumentasi dan angket sedangkan teknik analisis datanya menggunakan analisis deskriftif kualitatif dan kuantitatif. Adapun teknik pengukuran datanya menggunakan skala linkert. Pada uji coba efektivitas buku pedoman manajemen teamwork menggunakan desain before-after untuk menguji perbedaan sebelum dan sesudah perlakuan kemudian uji signifikansinya menggunakan uji-t. Hasil penelitian menunjukkan bahwa: (1) proses pengembangan buku pedoman manajemen teamwork MTs. At-tahririyah Pangpajung Modung Bangkalan melalui tiga proses tahapan sesuai dengan Four-D yang sudah dimodifikasi menjadi 3-D. (2) Hasil materi/isi bahasa memperoleh skor 179 dengan persentase 92% yang berarti buku pedoman sudah baik dan layak digunakan. Sedangkan pada aspek kebahasaan mendapatkan skor 45 dengan persentase 82% yang berarti baik dan layak untuk diimplementasikan. (3) Sedangkan hasil uji coba buku pedoman menunjukkan bahwa ada perbedaan hasil pre-test dan post-test dengan nilai r 0,56 yang menunjukkan bahwa penggunaan buku pedoman mempengaruhi efektiitas kinerja teamwork sebesar 56%. Sedangkan nilai signifikansinya sebesar 0,00 yang artinya nilai tersebut < 0,05, sehingga dapat disimpulkan bahwa penggunaan buku pedoman manajemen teamwork dapat meningkatkan efektivitas kinerja teamwork MTs. At-Tahririyah Pangpajung Modung Bangkalan. Kata kunci: buku pedoman; imbalan sosial; komitmen guru; dan kinerja guru.
Back Matter (Biography, Author Guideline) rifqi, ainur
Jurnal Dinamika Manajemen Pendidikan Vol 2, No 1 (2017): Volume 2, Nomor 1, September 2017
Publisher : Universitas Negeri Surabaya

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.2674/jdmp.v2n1.p%p

Abstract

Pengembangan Buku Pedoman Rekrutmen Tenaga Pendidik Pos PAUD Terpadu Herayani, Piki
Jurnal Dinamika Manajemen Pendidikan Vol 2, No 1 (2017): Volume 2, Nomor 1, September 2017
Publisher : Universitas Negeri Surabaya

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.2674/jdmp.v2n1.p38-49

Abstract

Kualitas tenaga pendidik PAUD sebagai Sumber Daya Manusia (SDM) dalam pendidikan menjadi salah satu faktor kualitas pengembangan system pengelolaan Pos PAUD Terpadu.  Oleh karena itu, diperlukan rekrutmen atau Manajemen SDM (MSDM) guna mendukung terselenggaranya PAUD secara efektif dan efisien. Tujuan penelitian ini adalah untuk mendeskripsikan proses pengembangan, kualitas atau kelayakan dan keefektifan produk buku pedoman rekrutmen tenaga pendidik Pos PAUD Terpadu sebagai salah satu garda depan pendidikan dalam meningkatkan professional pendidik dan tenaga pendidik PAUD. Penelitian ini menggunakan pendekatan penelitian pengembangan atau (research and development), menggunakan model pengembangan Thiagarajan, dkk yang dikenal dengan istilah 4D models, yaitu        1) pendefinisian; 2) perancangan; 3) pengembangan; dan 4) penyebaran. Teknik pengumpulan data menggunakan metode observasi, dokumentasi dan kuisioner sedangkan teknik analisis datanya menggunakan analisis deskritif kualitatif dan kuantitatif. Teknik pengukuran data menggunakan skala linkert. Uji coba keefektifan menggunakan desain before-after untuk pengujian perbedaan sebelum dan sesudah perlakuan uji signikansi dengan menggunakan uji-T test. Hasil penelitian menunjukkan bahwa 1) proses pengembangan buku pedoman rekrutmen tenaga pendidik PAUD, melalui 3 tahap define, design, develop; 2) kualitas atau kelayakan diperoleh dari hasil validasi skor MSDM sebesar 161 dengan presentase 98%, hasil validasi skor PAUD sebesar 53 dengan presentase 96%, hasil validasi skor bahasa sebesar 63 dengan presentase 97%; 3) hasil keefektifan uji coba produk buku pedoman rekrutmen tenaga pendidik di PAUD menunjukkan bahwa penggunaan buku pedoman mempengaruhi efektifitas nilai signifikansinya sebesar 0,00 yang artinya nilai tersebut < 0,05 sehingga dapat disimpulkan bahwa penggunaan buku pedoman dinyatakan efektif untuk digunakan.
Teknik Supervisi Pembelajaran Model ICC Berbasis Karakter Dalam Meningkatkan Kompetensi Guru SMK di Kabupaten Pasuruan Semester Ganjil Tahun Pelajaran 2016/2017 Masful, Masful
Jurnal Dinamika Manajemen Pendidikan Vol 2, No 1 (2017): Volume 2, Nomor 1, September 2017
Publisher : Universitas Negeri Surabaya

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.2674/jdmp.v2n1.p71-81

Abstract

Teknik Supervisi Pembelajaran Model ICC Berbasis Karakter yaitu model pembelajaran yang berasal dari akronim ICC (Intensive?Collective- Collegial) adalah merupakan salah satu teknik supervisi yang digunakan pada kegiatan supervisi pembelajaran secara intensif (Intensive) kolektif (Collective), dan kolegial (Collegial) dengan tujuan untuk meningkatkan kompetensi guru (SMK) berbasis karakter. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh pemberian teknik supervisi pembelajaran ?Model ICC Berbasis Karakter? terhadap kompetensi guru SMK, yang dilaksanakan pada tahun pelajaran 2016-2017, sebanyak 15 orang guru pada 5 (lima) SMK Negeri di Kabupaten Pasuruan antara lain SMKN 1 Grati, SMK Negeri 1 Gempol, SMK Negeri Prigen, SMK Negeri Rembang, dan SMK Negeri 2 Sukorejo, yang dilibatkan dalam penelitian ini. Penelitian dirancang dengan model penelitian tindakan yang dilaksanakan sebanyak 3 (tiga) siklus, yakni pra siklus, siklus ke I dan siklus ke II. Hasil penelitian menunjukkan peningkatan skor penilaian kompetensi dan nilai-nilai karakter guru. Nilai-nilai karakter tersebut antara lain; 1) jujur; 2) disiplin; 3) kerja keras; 4) mandiri; dan 5) tanggung jawab. Peningkatan kompetensi yang sangat signifikan tersebut berawal dari siklus awal (pra siklus) sebesar 56%, pada siklus ke I (satu) meningkat sebesar 79%, kemudian pada siklus yang ke II (dua) meningkat 94%. Pada akhir penelitian tersebut terungkap bahwa guru yang dibimbing dengan menggunakan teknik supervisi pembelajaran model ICC berbasis karakter dapat meningkatkan kompetensi dan nilai-nilai karakter guru SMK di Kabupaten Pasuruan, sehingga dapat berpikir lebih jujur, disiplin, kerja keras, mandiri dan bertanggung jawab
Manajemen Kelas Bahasa Inggris Winestu, Widen
Jurnal Dinamika Manajemen Pendidikan Vol 2, No 1 (2017): Volume 2, Nomor 1, September 2017
Publisher : Universitas Negeri Surabaya

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.2674/jdmp.v2n1.p8-19

Abstract

Studi kasus di TK dan SD pada Yayasan Dharma Mulya Surabaya
Manajemen Program Kelas Khusus Olahraga Maulida, Ika Zahrotul
Jurnal Dinamika Manajemen Pendidikan Vol 2, No 1 (2017): Volume 2, Nomor 1, September 2017
Publisher : Universitas Negeri Surabaya

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.2674/jdmp.v2n1.p60-70

Abstract

Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mendiskripsikan  mengenai manajemen program  kelas khusus olahraga di SMP Negeri 3 Gresik. Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif dengan metode studi kasus. Hasil penelitian di lapangan dapat dijelaskan sebagai berikut, 1) Perencanaan yang meliputi penentuan tujuan, sasaran dan rencana anggaran. Pengorganisasian melibatkan beberapa komponen sekolah. Pelaksanaan berjalan sesuai dengan perencanaan. Pengawasan dilakukan dengan melihat laporan dari pelatih terkait kehadiran siswa dan perkembangan dari siswa sekaligus perkembangan proses latihannya, serta membuat laporan kepada pemerintah. 2) Sistem pembinaannya yaitu siswa tetap mengikuti kegiatan pembelajaran di kelas dan di wajibkan mengikuti latihan pada cabang olahraga yang di tekuni minimal 10 jam setiap minggu. Pembinaan latihan sepakbola dan atletik sesuai dengan program latihan yang di buat, proses latihan menggunakan fasilitas penunjang yang disediakan oleh sekolah dan menggunakan fasilitas milik pemerintah daerah setempat. Layanan khusus yang diberikan yaitu siswa tidak di wajibkan untuk mengikuti kegiatan ekstrakurikuler dan mendapatkan layanan khusus dari BK. 3) Dampak dari pogram yaitu dapat mengangkatnya citra sekoah, meningkatkan motivasi siswa, meningkatnya prestasi dalam bidang olahraga terutama pada cabang olahraga atletik.

Page 1 of 2 | Total Record : 16